Jumat, 28 Januari 2011

"Goa Putri"

Goa Putri Adalah Salah Satu Obyek Wisata yang Menarik di Provinsi Sumatera Selatan. Goa yg Terletak Di Desa Padang Bindu, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ini Menawarkan Keindahan Stalaktit dan Stalagmit nya. Selain itu di Dalam Gua yang Panjangnya Sekitar 160 meter dan Lebar lebih dari 50 meter Terdapat sebuah kolam Kecil yang Mempunyai Lebar 20 meter dan Panjang 160 meter(Kolam Pangeran Dayang Merindu). Air dari Kolam ini Bersumber Selain dari Mata Air Dalam Gua Juga Dari Aliran Air Sungai Sumuhun dan Terus Mengalir Hingga Menuju Sungai Ogan.




Di Dalam Goa, Selain Anda Dapat Mengagumi stalaktit dan stalagmit yang Menggantung di Langit-Langit Goa.Stalaktit Adalah Bentukan Berkapur yang Banyak Dijumpai Dalam Goa Batu Kapur. Stalaktit umumnya Berupa Ujung Tombak dan Gerigi Tajam yang Bergantung di Langit-Langit goa. Sementara Stalagmit Berbentuk Kerucut yang Tegak di Dasar Goa. Goa Putri Memiliki Stalaktit dan Stalagmit yang Bertemu Sehingga Membentuk Tiang.Di Beberapa Bagian Goa juga ada Batu Lebar dimana Anda bisa duduk dan Istirahat sambil menikmati Suasana di dalam Goa.



Di Dalam Goa Putri saat ini hanya diterangi dengan beberapa Lampu 5 watt yang dipasang di berbagai lokasi. Cahaya redup ini Memberikan kesan Magis pada Goa yang hingga saat ini baru sekitar 40 persen yang baru di Jelajahi itupun dibantu oleh sejumlah Pencinta Alam yang ada di Kabupaten OKU. Sebelum Anda Keluar Goa jangan lupa untuk Mencuci Muka di Kolam Pangeran Dayang Merindu. Penduduk Setempat Percaya bahwa Mereka yang Membasuh Wajahnya di Kolam sambil Berdoa maka doanya akan terkabul.


Jika anda tertarik dan berminat mengunjungi Goa Putri ini,berikut Rute Perjalanan yang dapat anda tempuh. Perjalanan Dimulai dari Bnadara Sultan Mahmud Badaruddin II, anda naik Taxi menuju kota Palembang,dan minta kepada Sopir taxi Untuk diantar ke kendaraan travel yang menuju Kota Baturaja yang banyak berada di daerah pasar burung, atau pasar buah di kota palembang, harga tiket antara Rp.40.000; untuk non AC dan Untuk ber AC Rp.45.000; Jarak tempuh antara Palembang-Baturaja sekitar 230 kilometer dapat ditempuh kurang lebih 3,5 jam hingga kota Baturaja.
Di Baturaja jika Anda ingin menginap Banyak sejumlah Hotel dari kelas Melati sedangkan Hotel sekelas bintang 3 hanya satu. harga sewa perkamar berkisar antara Rp. 150.000 s/d hingga RP. 450.000.



Jika anda memilih langsung menuju ke Goa Putri, anda dapat naik mobil Angkutan Desa atau menyewa motor ojek yang banyak di kota Baturaja, harga tergantung nego, tapi biasanya sewa perhari berikut tukang ojeknya sekitar Rp.100.000 hingga Rp.200.000, jarak Goa Putri dari Kota Baturaja sekitar 35 kilometer, jangan lupa bawah bekal,karena warung di lokasi Goa Putri sering kali tutup.




Jika anda tertarik obyek wisata lainnya, anda dapat mengunjungi obyek wisata Air Terjung Bedegung, di desa tenang, Kabupaten Muara Enim, jarak tempuh dari baturaja sekitar 1 jam. Air Terjun Bedegung merupakan Air Terjun Tertinggi di Sumatera Selatan(99 meter) selain itu jika anda tertarik anda dapat menikmati suasana dengan ikut wisata arum jeram.





Putri Cave

A. Brief Information

Putri Cave is 159 meters in depth, 8-20 meters in width, and 20 meters in high. There is an underground river flowing to the Ogan River within the cave. The cave is a right destination for nature escapade tour.

B. Distinctive Features

Inside the cave, you will see hundred years old of stalactites and stalagmite. Around the destination, you will be offered with magnificent view of surrounding nature. Having a visit to Cave Putri, you will find tranquil holiday ever while enjoying the sensation of revealing the mystery of Cave Putri.

C. Location

Putri Cave lies in Padang Bindu Village, Pengandonan Sub-district, Ogan Komering Ulu District.
D. Access

You can take public transport from Baturaja City passing by Muara Enim. It is around 35 kms away.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar