Selasa, 11 Januari 2011

NUSA TENGGARA BARAT

Lombok dan Sumbawa adalah 2 pulau utama dari provinsi Nusa Tenggara Barat (Nusa Tenggara adalah penyebutan yang menunjukkan pulau atau wilayah ada di sebelah barat pulau Bali) yang menawarkan panorama yang sangat variatif.

Merupakan tempat yang menarik dan memilki banyak aktifitas wisata. Sekurang – kurangnya 5 pulau tropis( Gili – gili trawangan,Meno,Air,, Gili nanggu Pulau Moyo) serta daerah pesisr yang membentang dengan pantai – pantainya yng menawan dan perairan yang menakjubkan yang sangat pas untuk berenang, berjemur, berlayar berselancar memancing serta aktivitas - aktivitas bawah laut lain yang menantang.

Dengan daerah pedesaan yang ideal untuk traking dan di antaranya cocok buat mereka yang bejiwa patualang. Lombok memiliki Gunung Rinjani yang merupakan gunung api aktif yang mempesona dengan ketinggian puncak mencapai + 3726 M. Sedangkan Sulmbawa juga dengan Gunung Tamboranya yang terkenal karena rekor letusan yang paling merusak dalam sejarah.

Gunung ini juga merupakan gunung tertingi ke-2 di Asia Tenggara sampai letusan yang keras pjada tahun 1815 meledakkan puncaknya sehingga puncaknya mengalami penurunan menjadi + 2850 M.
Lombok dan Sumbawa memiliki banyak tempat yang menawarkan produk hasil lautnya seperti ikan, udag , rumput laut dan mutiara. Di sekitar lereng Gunung Rinjani adalah hutan, lahan perkebunan ataupun pertanian yang tersebar dengan beberapa air terjun yang mempesona serta lereng-lereng gunung yang memanjang dan juga digunakan untuk menanam padi dengan lahan yang sentiasa basah. Dan pada saat musim kering/kemarau di daerah Lombok Tengah akan menghasilkan tanaman tembakau.

Di daetah yang lebih kering di daerah bagian selatan Lombok dan Sumbawa dihasilkan padi kering (padi gogo-rancah) serta berbagai hasil bumi. Sumbawa sendiri memiliki areal padang rumput yang cocok untuk perternakan sapi, kerbau, kambing dan kuda.

Untuk akomodasi di Lombok terdapat begitu banyak hotel dan penginapan yang berkualitas baik sampai dengan internasional Hotel Bintang 5 seperti Sheraton, Holiday Inn, Novotel dan Oberoi.

Sedangkan di Sumbawa sendiri memiliki areal AmanResort di Pulau Moyo yang juga pernah melayani beberapa tamu penting seperti Putri Diana dan beberapa hotel terkemuka di Hu’u (yang terkenal dengan nama pantai Lakey di dunia internasional) maluk dan Sekongkang (di sebelah Barat-Daya Sumbawa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar